Senin, 25 Februari 2019

Ph6 (soal esai)

Soal Esai !!

1. Jelaskan perbedaan transparant proxy dan non transparant proxy ?
Jaawab : Transparent proxy adalah  sebuah metode dimana client yang ada dalam jaringan, tidak perlu melakukan konfigurasi (transparent) untuk bisa mengakses/ terhubung/ dikenakan aturan dari proxy server tersebut, akan tetapi proxy server yang langsung melakukan broadcast terhadap siapapun yang telah memiliki akses ke internet untuk ‘dipaksa’ melewati proxy server terlebih dahulu. Misal, hampir setiap proxy server mempunyai port sendiri yang dapat kita atur sendiri. Tentunya setiap client yang terhubung ke proxy server harus melakukan konfigurasi port di mesin client itu sendiri. Pasti akan terasa repot jika jumlah client-nya sangant banyak. Maka dari itu transparent yang akan melakukannya secara otomatis, dimana port 80 (port standar www) akan secara otomatis di-redirect ke port transparent proxy tadi.  Non-transparent proxy, bedanya dengan transparent proxy adalah, jika transparent proxyakan melakukan konfigurasi port secara otamatis, sedangakan non-transparent proxy mengharuskan client proxy untuk melakukan konfigurasi port secara manual dengan mengarahkan ke proxy server tersebut.


2. Sebuah jaringan LAN mempunyai alamat IP 192.168.100.30 /25  maka hitung subnet pertama dan kedua?
Jawab : 255.255.255.128/25 - 

3. Apa fungsi dari firewall ?
Jawab : Untuk memproteksi sebuah komputer dari virus dan segala hal yang tidak diinginkan dalam sebuah jaringan

4. Apakah fungsi standarprotokol jaringan komputer dalam komunikasi data?
Jawab : Fragmentasi dan Reassembly, fungsi dari fragmentasi dan reassembly adalah membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data pada saat sisi pengirim mengirimkan informasi tadi dan setelahditerima maka si penerima akan menghubungkan lagi menjadi paket berita yang lengkap.
§  Encaptulation, fungsi dari encaptulaton adalah melengkapi berita yang dikirimkan dengan address, kode – kode koreksi dan lain – lain.
§  Connection Control, fungsi dari connection control adalah membangun hubungan komunikasi dari transmitter dan receiver, dimana dalam membangun hubungan ini termasuk dalam hal pengiriman datadan mengakhiri hubungan.
§  Flow control, fungsi dari flow control adalah mengatur perjalanan data dari transmitter ke receiver
§  Error ControlDlam pengiriman data tak lepas dari kesalahan, baik itu dalm proses pengiriman maupun pada waktu data itu diterima. Fungsi dari error control adalah mengontrol terjadinyakesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan.
§  Transmission Service, berfungsi untuk member pelayanan komunikasi data khususnya yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan serta perlindunagan data. 

5. Sebutkan minimal 3 perbedaan protokol antara TCP/IP dengan OSI?
Jawab : Perbedaan OSI dan TCP/IP : 1. OSI layer memiliki 7 buah layer, dan TCP/IP hanya memiliki 4 Layer. ... TCP/IP layer merupakan ―Protocol Spesific‖, sedangkan OSILayer adalah ―Protocol Independen‖.

6. Apa yang dimaksud sistem operasi komputer ? (skor 4)
Jawab : Pengertian Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasidalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

7. Apa yang dimaksud dengan istilah open source dan close source? (skor 4)
Jawab : Close source adalah software yang source codenya tidak dibuka untuk umum. Sang pemilik code yang close source bisa membagi source codenya melalui lisensi, entah dengan gratis maupun membayar. Software open source adalah sebuah software yang dapat di miliki dengan cara mengambil / mendownload secara gratis dari internet , yang kode softwarenya di publikasikan ke publik atau pengguna internet . Umumnya orang akan memperbaiki kelemahan – kelemahan dari software tersebut dan memodifikasi tampilan atau bahasanya

8. Jelaskan perbedaan sistem operasi jaringan 32-bit dan sistem operasi jaringan 64-bit! (skor 4)
Jawab : Untuk Versi 64-bit dalam pengunaan Random Access Memory (RAM) lebih besar daripada versi 32-bit. jadi jika anda menggunakan sistem 64 bit akan lebih cepat memproses data saat multitasking atau menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu.

9. Bagiamana penulisan IP Address 10.208.15.240 dalam bentuk binary ? (skor=4)
Jawab : 00001010.11010000.00001111.11110000

10. Tuliskan susunan kabel UTP Straight (4)
Jawab :  Standar Susunan Kabel Straight (Lurus)
Untuk standar urutan kabel straight susunan pada kedua ujung sama, yaitu:
  1. Putih-orange
  2. Orange
  3. Putih-hijau
  4. Biru
  5. Putih-biru
  6. Hijau
  7. Putih-coklat
  8. Coklat
    Warna Kabel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar