Kamis, 10 Januari 2019

e. kinerja I/O bus komputer terapan

BUS Masukan


Oke, yang pertama kita akan membahas tentang Input/Masukkan.Apa itu Input? Input adalah semua data dan perintah yang dimasukkan ke dalam memori komputer untuk selanjutnya diproses lebih lanjut oleh prosesor.Nah, sebuah perangkat input itu biasanya berbentuk komponen piranti keras yang memungkinkan user atau pengguna memasukkan data ke dalam komputer atau kita juga bisa sebut juga sebagai unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor.


BUS Keluaran
Yang kedua ada terusan dari yang pertama, yang kedua ini adalah Output/Keluaran.Apa itu Output? Output adalah data yang di proses menjadi bentuk yang dapat digunakan.Apa maksudnya? maksudnya adalah Komputer nantinya akan memproses data-data yang diinputkan menjadi sebuah informasi.Nah, yang disebut perangkat Output/Keluaran adalah semua komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada orang-orang yang menggunakannya.


Spesifikasi Dan Karakteristik BUS

Setelah kita membahas 2 hal penting dari materi ini yaitu Input dan Output, kita akan membahas juga hal yang tidak kalah penting yaitu tentang Spesifikasi dan Karakteristik dari BUS.Sebuah BUS sistem ternyata terdiri dari 50 sampai 100 saluran yang terpisah loh sobat, dan masing-masing saluran ditandai dengan arti dan fungsi khusus.Walaupun terdapat sejumlah rancangan bus yang berbeda, fungsi saluran bus ternyata dapat dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu :

a. Saluran Data
Pertama saluran data atau Data BUS, fungsinya adalah memberikan lintasan bagi perpindahan data antara 2 modul sistem.Saluran ini secara kolektif disebut BUS Data dan umumnya terdiri dari 8, 16, dan 32 saluran serta jumlah saluran diaktifkan dengan lebar BUS Data.

b. Saluran Alamat
Kedua yaitu saluran alamat atau Address BUS, fungsinya adalah untuk menandakan sumber atau tujuan data pada BUS Data.Misalnya, bila CPU akan membaca sebuah word data dari memori, maka CPU akan menaruh alamat word yang dimaksud pada saluran alamat.Lebar Address BUS akan menentukan kapasitas memori maksimum sistem.

c. Saluran Kontrol
Dan yang ketiga yaitu Saluran Kontrol atau Control BUS, fungsinya untuk mengontrol akses ke saluran dan penggunaan data dan juga saluran alamat.Karena data dan saluran alamat dipakai bersama oleh seluruh komponen, maka harus ada alat untuk mengontrol penggunanya bukan? untuk itulah Control BUS ini diperlukan.

Karakteristik

Persyaratan dan Ketentuan Penggunaan BUS
a. Syarat utama BUS adalah dari media transmisi yang dapat digunakannya bersama dengan sejumlah perangkat yang terhubung padanya.Meskipun digunakan secara bersamaan, ternyata penggunaan jalur ini hanya diperuntukkan untuk 1 perangkat pada waktu yang sama sehingga diperlukan aturan dalam kerjanya untuk menghindari terjadinya tabrakan data yang sedang ditransmisikan.
b. Harus memenuhi Syarat Sistem Komputer Minimal.Bagi sobat yang belum tau atau ingin tau syaratnya adalah sebagai berikut :

1. Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer.
2. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
6. Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7. Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
8. Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar