Kamis, 10 Januari 2019

B.karakteristik perangkat Jaringan Nirkabel

fungsi dan cara kerja server autentikasi


Server autentifikasi adalah suatu server yang melakukan proses validasi user pada saat memasuki sistem, dimana nama dan password dari user yang akan masuk di cek ke database user system. Apabila user dan password sesuai dengan database, maka user diperbolehkan mengakses sistem, sebaliknya jika tidak sesuai maka user akan ditolak masuk ke sistem


Fungsi server autentifikasi adalah
Memferifikasi / validasi identitas user yang akan masuk ke system
Melindungi data dari user yang tidak berhak mengakses
Salahsatu kesempatan bagi pengguna dan pemberi layanan dalam proses pengaksesan resource (pihak pengguna harus mampu memberikan informasi yang dibutuhkan pemberi layanan untuk berhak mendapatkan resourcenya, Sedang pihak pemberi layanan harus mampu menjamin bahwa pihak yang tidak berhak tidak akan dapat mengakses resource).


Cara kerja server autentifikasi :
Pada saat komputer client akan menghubungkan diri dengan jaringan maka server autentifikasi akan meminta identitas user (username dan password) untuk kemudian dicocokkan dengan data yang ada dalam database server autentifikasi untuk kemudian ditentukan apakah user diijinkan untuk menggunakan layanan dalam jaringan komputer. Jika proses otentikasi dan otorisasi berhasil maka proses pelaporan dilakukan, yakni dengan mencatat semua aktifitas koneksi user, menghitung durasi waktu dan jumlah transfer data dilakukan oleh user.

Contoh dari server autentifikasi adalah
Radius Server
Proxy Server dengan NCSA Users
Samba server dengan autentifikasi


Hubungan antara fungsi dan cara kerja server autentifikasi adalah sangat berkaitan dan saling menunjang, dimana cara kerja dari server autentifikasi yang melakukan ferifikasi / validasi user dapat mendukung terwujudnya keamanan data dan jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar