Kamis, 10 Januari 2019

a.STRUKTUR KONTROL DALAM BAHASA PEMROGRAMAN


Struktur kontrol dalam bahasa pemrograman adalah suatu perintah / Statement yang kita gunakan untuk mengatur jalannya suatu program.

· Struktur Kontrol Keputusan

Dalam bahasa pemrograman , Struktur Kontrol Keputusan digunakan untuk MEMUTUSKAN bagian program mana yang akan dikerjakan dan bagian program mana yang akan diabaikan ( dicuekin)


Dalam Java ada 3 macam Struktul Kontrol Keputusan :
1. IF
IF digunakan apabila kita memiliki suatu syarat dimana syarat tersebut bernilai TRUE , untuk lebih jelaskan lebih enak jika kita langsung praktek ke dalam program.



2. IF-Else
IF-Else digunakan apabila kita memiliki beberapa syarat dimana syarat tersebut adalah yang bernilai FALSE dan TRUE , untuk jelasnya lebih enak dijelaskan ke dalam program



3. Switch
Berbeda dengan IF dan IF-Else , Syarat yang ada di dalam Switch bisa sangat beragam . Penjelasannya adalah di bawah ini.



Struktur Kontrol Pengulangan

Struktur Kontrol Pengulangan digunakan untuk mengulang blok-blok atau bagian dari kode program sesuai dengan keinginan kita


Untuk Struktur Kontrol Perulangan dibagi tiga , yaitu:
1. FOR
Struktur Kontrol Pengulangan FOR digunakan untuk mengulang suatu program secara berulang-ulang . Format untuk menggunakan FOR dalam suatu program adalah sebagai berikut :


Penjelasan :
– Inisialisation : inisialisasi pada variable yang digunakan untuk perulangan ( looping)
– Condition : membuat suatu kondisi dimana variable diulang sesuai dengan keinginan
– Iteration : membuat status update pada variable yang dilooping


Kalau masih bingung , di bawah akan diberikan contoh programnya




2. WHILE
While merupakan suatu Suatu Struktur Kontrol perulangan dimana blok-blok statement program kita akan diulang sampai kondisinya sesuai (TRUE). Untuk format penulisan while bisa dilihat di bawah ini :




Masih bingung? di bawah ini akan diberikan contoh program supaya lebih enak untuk dimengerti :



3. DO-WHILEDO
WHILE adalah Struktur Kontrol Perulangan yang sama dengan while , dimana blok-blok kode kita akan diulang sampai kondisinya TRUE . untuk format penulisan DO-WHILE ada di bawah ini :


untuk contoh dari DO-WHILE akan dituliskan di bawah ini : untuk contoh dari DO-WHILE akan dituliskan di bawah ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar